Kerajaan Iha, Kerajaan Islam Terbesar Dan Tertua di Maluku Tengah

Baru kali ini, saya mendengar sebuah kerajaan bernama Iha. Jika kalian juga belum pernah mendengarnya, mari kita bersama-sama kenalan dengan kerajaan Islam terbesar dan tertua di Maluku Tengah ini:

 

Ketika anda mendengar kerajaan Iha mungkin anda akan mengerutkan dahi dan bertanya Kerajaan apa itu? Seadidayakah dengan Majapahit? Atau Apakah Ia sesamar kutai? Baiklah saya akan menjelaskan sedikit perihal mengenai Kerajaan Iha, Kerajaan Islam Terbesar dan Tertua Di Maluku Tengah. Karena Kerajaan Iha terletak di maluku maka saya akan menerangkan sedikit tentang maluku.

nusa-iha.jpg

Maluku itu unik, asal bahasanya dari bahasa Arab Al-Mulk artinya Raja-raja atau tanah raja-raja. Karena maluku dulu terdapat banyak sekali kerajaan kerajaan kecil yang hidup aman dan berdampingan namun kelak hancur ketika datangnya Penjajah Eropa. Nah diantara kerajaan-kerajaan kecil itu ada yang paling mahsyur yaitu Tenate dan Tidore. Sedangkan di Maluku tengah diantarnya Kerajaan Tanah Hitu, Hunimoa, Huamual dan Kerajaan Iha sendiri.

Kerajaan Iha Adalah Kerajaan Islam Tertua dimaluku Tengah dan terletak di Bagian Utara Pulau Saparua (hatawano). Nenek Moyang kerajaan Iha sendiri berasal dari Nunusaku (sebuah daerah di Selatan Pulau Seram) yang kemudian Hijrah Untuk mencari tempat yang Layak Dipulau Saparua Sekaligus Mendirikan Kerajaan Iha.

  1. Wilayah Kerajaan

gunung-iha.jpg

Kerajaan Iha memiliki wilayah Yang Sangat Luas. Wilayahnya membujur panjang terdiri dari Hutan yang subur disepanjang pesisir pantai. Petuanan Kerajaan Iha meliputi Negeri Kulur hingga perbatasan Negeri Ullath, bahkan hampir Menguasai Separuh Pulau Saparua. Itulah Sebabnya Pulau Saparua Disebut juga Nusa Iha atau Pulau Iha.

pusat-kerajaan.jpg

Sedangkan Pusat Pemerintahannya terletak diatas sebuah bukit karang di puncak gunung Ulupalu

  1. Keadaan Ekonomi

Wilayah Kekuasaan Iha Sangat Luas Dan subur. Sebagian Besar bekerja pada Sektor pertanian. Tanaman Yang paling banyak dihasilkan Di kerajaan ini adalah Cengkih, Karena itu VOC sangat Bernafsu menguasai Iha, Kemudian Sagu sebagai makanan Pokok Kerajaan Iha. Sektor yang kedua yang tak kalah penting adalah perikanan. Karena Wilayah Iha terletak di tepi pantai, Masyarakat Iha juga bekerja Sebagai Pelaut. Tak Jarang Pelaut Iha Dikenal Sebagai Pelaut pelaut yang Ulung dan Perkasa.

Kerajaan Iha juga dikenal Sebagai Kerajaan Pandai Besi Karena Masyarakatnya Sangat Ahli dalam Membuat Alat-alat senjata tajam saperti parang, panah dll. Selain itu sebagian juga pandai Membuat Emas.

  1. Hubungan Dengan Kerajaan Lain

Kerajaan Iha Sering Membantu Kerajaan Lain Dalam berperang melawan penjajah. Salah satunya pengiriman pasukan ke Kerajaan Tanah Hitu dan bergabung bersama Kapitan Tulukabessy di Teluk Sawahtelu untuk berperang melawan belanda, walaupun akhirya Tulukabessy tertangkap dan dibunuh.

istana-iha.jpg

Dikisahkan pula Raja Iha pernah berkunjung ke Kesultanan Buton, dan diterima baik oleh Sultan Buton. Penyiar Islam Dari Aceh Tengku Umar pernah Datang Ke Iha. Berkat Jasanya Dia Mendirikan Masjid Baiturahman di Iha. Arsitekturnya pun Hampir mirip Seperti di Aceh namun berukuran lebih kecil. Masjid ini menjadi Kebanggaan Raja Iha, namun Kemudian Hancur di Porak porandakkan Belanda dengan Meriam Yang berisi Tulang Babi

  1. Pemerintahan

kelapa-raja.jpg

Raja Pertama Iha Bergelar Latu Sopacua (Raja yang dijunjung tinggi) dikisahkan Keluar Dari Kelapa Raja Emas. Oleh karena itu Lambang Kerajaan Iha Terdapat Gambar Kelapa Raja. Pengganti Latu Sopacua Yaitu Latusali. Keturunan Latusali Sekarang Menjadi Raja Di Negeri Iha Seram barat Dengan gelar Latukaisupy.

Dalam Sistem Pemerintahannya, Jabatan setingkat Presiden disebut UPULATU (Raja), Setingkat Gubernur disebut PATTI atau KHAMAR, Bupati disebut ILA, Camat disebut OR, Begitu seterusnya (taken from here).


Informasi lainnya:

Iha adalah desa di kecamatanSaparua, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Desa iha merupakan salah satu desa dari tiga buah desa di kecamatan Saparua, Maluku Tengah yang memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam Sunni. Iha memiliki hubungan gandong dengan Ihamahu

Negeri Iha memiliki teung hampir sama dengan gandongnya, Ihamahu yaitu Noraito Amalatu

Kilas Sejarah

Pada masanya dahulu, desa Iha merupakan salah satu kerajaan Islam tertua dan paling besar di jazirah Maluku bagian tengah. Namun kerajaan itu tidak begitu di kenal oleh khalayak ramai seperti pada umum nya khalayak ramai mengenal kerajaan-kerajaan Islam lain. Dikisahkan bahwa kerajaan Iha yang lama berlokasi di Gunung Amaihal, Saparua.

Negeri Iha yang Muslim adalah negeri yang memiliki hubungan gandong atau masih bersaudara kandung (satu moyang) dengan negeri tetangga, Ihamahu yang Kristen. Bahkan masjid Iha, Masjid Darussalam adalah masjid pemberian dari warga Ihamahu yang beragama Kristen.

Pada saat pecah kerusuhan (dikenal sebagai tragedi Ambon) pada tahun 1998, warga Iha yang dikelilingi 5 desa Kristen yaitu Nolloth, Itawaka, Ihamahu, Mahu dan Tuhaha berjuang mati-matian mempertahankan desa dan masjid mereka dari serbuan negeri-negeri tetangga. Sampai pada puncaknya tahun 1999, negeri Iha dapat dihancurkan dan di masuki oleh negeri-negeri tetangga. Setelah itu, warga Iha mengungsi dengan kapal perang TNI dan sejumlah boat dan feri meninggalkan negeri tercinta dan meninggalkan harta serta masjid mereka.

Warga negeri Iha yang mengungsi akibat kerusuhan di Maluku tahun 1999 akhirnya menetap di tanah-tanah dati/petuanan negeri lain seperti Liang, Sepa, Tamilouw dan Luhu. Oleh juru bicara negeri Iha, mereka menyebutkan bahwa mungkin 20 atau 30 tahun yang akan datang abru mereka akan kembali lagi ke negeri lama.

Pengingkaran Sejarah

Pada masa konflik maluku 1998-2002, Iha yang bersaudara kandung (satu gandong satu moyang) dengan Ihamahu melakukan sebuah pengingkaran sejarah (Bahasa AmbonĀ : Janji Moyang-Moyang Ee). Warga Iha menanggap bahwa Ihamahu yang merupakan gandong Iha seharusnya ikut menolong negeri itu ketika diserang oleh negeri-negeri tetangga, tetapi pada faktanya Ihamahu justru terlibat dalam penyerangan ke Iha (taken from here).

Sejarah Iha, click here.

4 comments

  1. Masyarat iha d seram barat sdh ada d sanana setelah kerajaan Iha di hancur oleh komponi belanda bukan konflik ambin 1999. Bisa d katakan konflik 1999 merupakan bukti bahwa masyrat Iha yg beragama muslim telah mengungsi mninggalkan hatawano yg puncaknya 1653

  2. Masyarakat Ihamahu juga diancam oleh negeri2 yg lain apabila Ihamahu melindungi Iha. Yang pasti sangat sedikit org ihamahu yg ikut menggempur iha. Sebenarnya jika iha tdk menerima pasukan jihad, mereka gak diserang. Menerima pasukan jihad berarti mereka membuka front perang sbb jika gak dilakukan, negeri2 itu yg akan diserang pasukan jihad. Desa kulor dan sirisori islam gak diserang sbb mereka gak terima pasukan jihad.

  3. ron., bicara sabarang ooo., siri sori z d serang ??? nanti org tatawa c p koment.,
    kondisi iha itu mau ada pasukan jihak k z ada k tetap d serang aja., bkn alasan ada pasukan jihad llu iha d serang.,
    bicara kayak kumur2

  4. Kaka.. kalau menurut info langsung dari ihamahu memang benar iha simpan jihad sampai anaknya teong negeri ihamahu dapat tembak… makanya ihamahu marah.. siri sori salam dapat serang juga dari ullath deng ouw..

Comments are closed.

This site is protected by wp-copyrightpro.com