‘Ditampar’ di Katedral

Pada 27 Juli 13 yang lalu sepertinya memang Tuhan sudah atur sedemikian rupa sehingga akhirnya aku bisa ikut misa di Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga alias De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming yang lebih dikenal sebagai Gereja Kadtedral Jakarta:

Katedral Jakarta

Singkat kata, akhirnya aku bisa datang tempat waktu sehingga aku pun sempat mendengarkan kata sambutan yang dibacakan dengan intonasi tenang itu (sambil bengong-bengong mengagumi keindahan bangunan tua peninggalan pemerintah Batavia). Well, belum apa-apa aku sudah seperti ‘ditampar’ karena disebutkan bahwa manusia kadang tidak tahu bagaimana berdoa dan apa yang perlu dimintanya. Berdoa itu memakai hati, juga membuka hati dalam kepasrahan untuk menerima jawaban Tuhan. Wooh, makjleb!

Belum lagi, ternyata bacaan injilnya diambil dari Lukas 11:1-13 yang makin membuat ‘tamparannya’ terasa menjadi-jadi, haha:

11:1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.” 11:2Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.11:3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami  yang secukupnya 11:4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.” 11:5 Lalu kata-Nya kepada mereka: “Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, 11:6 sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; 11:7 masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. 11:8 Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.11:9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu;carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 11:10 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 11:11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu minta ikan? 11:12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? 11:13 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” (taken from here).

Diakhir doa umat, terangkai sebuah doa yang bagus sekali:

Allah Bapa di Surga, bukalah mata dan telinga kamu bagiMu, bagi diri kami sendiri dan bagi sesama manusia supaya kami tahu apa yang seharusnya kami mohon dan supaya hati kami terbuka bagi jawabanMu atas doa kamu. Demi Kristus Tuhan kami.

Nah lo! Hehe.. And yeah, FYI aku ini benernya dalam posisi dimana aku sudah harusnya berlutut dan berdoa meminta sesuatu ke Tuhan. Namun aku ga tahu, harus meminta apa dan bagaimana. Biasanya sih, minta tolong agar Tuhan aturkan saja bagaimana yang baik untukku tapi kata oraaang neh.. kali ini aku harus menyebutnya secara spesifik. Lha, gimana kalo ntar permintaanku adalah permintaan yang salah?

Tapi kan disebutkan, bahwa “11:11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu minta ikan? 11:12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking”.

Lagipula, kalimat “Bukalah mata dan telinga kamu bagiMu, bagi diri kami sendiri dan bagi sesama manusia supaya kami tahu apa yang seharusnya kami mohon dan supaya hati kami terbuka bagi jawabanMu atas doa kamu” itu kan bagusnya bukan main.

Ah, maka akhirnya aku pun berdoa sungguh-sungguh, memohon. Dan marilah kita tunggu jawaban Tuhan akan permohonanku itu *wink!*.

Anak, Cermin Orang Tuanya..

ANAKMU MENCERMINKAN SIAPA DIRIMU…

① Jika anakmu BERBOHONG.
Itu karena engkau MENGHUKUMNYA terlalu BERAT.
② Jika anakmu TIDAK PERCAYA DIRI.
Itu karena engkau TIDAK MEMBERI dia SEMANGAT.
③ Jika anakmu KURANG BERBICARA.
Itu karena engkau TIDAK MENGAJAKNYA BICARA.
④ Jika anakmu MENCURI.
Itu karena engkau TIDAK MENGAJARNYA MEMBERI.
⑤ Jika anakmu PENGECUT.
Itu karena engkau selalu MEMBELANYA.
⑥ Jika anakmu TIDAK MENGHARGAI ORANG LAIN.
Itu karena engkau BERBICARA TERLALU KERAS kepada-nya.
⑦ Jika anakmu suka MARAH2
Itu karena engkau KURANG MEMUJINYA.
⑧ Jika anakmu SUKA BERBICARA PEDAS.
Itu karena engkau TIDAK BERBAGI dengannya.
⑨ Jika anakmu SUKA MENGASARI orang lain.
Itu karena engkau SUKA MELAKUKAN KEKERASAN terhadapnya.
⑩ Jika anakmu LEMAH.
Itu karena engkau SUKA MENGANCAMNYA.
⑪ Jika anakmu CEMBURU.
Itu karena engkau MENELANTARKANNYA.
⑫ Jika anakmu MENGGANGGUMU.
Itu karena engkau KURANG MENCIUM atau MEMELUKNYA.
⑬ Jika anakmu TIDAK MEMATUHIMU.
Itu karena engkau MENUNTUT TERLALU BANYAK padanya.
⑭ Jika anakmu TERTUTUP.
Itu karena engkau TERLALU SIBUK.

Mitos Jodoh

Mitos jodoh : Kalau sudah jodoh tak akan ke mana.

Itu hanya sebuah mitos. Karena kebanyakan orang akhirnya tidak berbuat apa-apa akibat terlalu menaruh harapan tinggi ‘jodoh tidak akan ke mana’.

Jodoh mungkin tidak akan ke mana, karena semua sudah ada garis takdirnya.

Tetapi, bila Anda tidak berusaha dan tidak berbuat apa-apa, bagaimana Anda bisa bertemu dengan jodoh? Jika Anda masih menutup pintu hati, tidak mau berinteraksi dan memilih diam di rumah saja, bagaimana Anda bisa bertemu jodoh?

Jodoh, memang tidak akan ke mana. Tetapi Anda juga harus berusaha untuk menemukannya. Contoh konkritnya saja, dengan bergabung dalam komunitas positif yang ada, membuka hati, dan memberikan kesempatan untuk seseorang mengenal Anda lebih dalam lagi.

Haha, itu tulisanku di FB, beberapa bulan lalu. Cocok, untuk kalian yang masih single di hari penuh cinta seperti ini.

Tapi apapun status kalian; single, taken, janda, duda, semuanya berhak untuk berbahagia di hari ini. Rasakan cinta. Cinta kan tidak hanya datang dari pasangan, karena sinar matahari pagi yang lembut pun menurutku juga bentuk cinta (dari alam untuk kita).

Happy valentine’s day!

Cinta Itu..

Oktober lalu, kurang lebih 2 bulan lebih sejak anjing kesayanganku meninggal, aku mengadopsi seekor beagle.

Mocha Jelly

Dan kemudian, kisah percintaan kita pun mengalir (sambil terseok-seok) sampai akhirnya aku bisa buat kesimpulan panjang yang aku post di FB (aih, lagi-lagi FB!):

Menurutku, cinta itu engga instan. Butuh proses. sama sepertiku dengan Mocha Jelly. Dan seminggu, bahkan sebulan pertama adalah masa2 terberat dari ‘cinta kita’ (juh!).

Dulu si Mocha Jelly itu cuek tapi dia berubah sejak aku kesambet: meluk dia lamaaa sambil di puk ami2 *nyengir*. Abis gitu, lengkettt deh dia, kaya’ perangko. Jadi.. kalo salah satu pihak ga memulai memberi kasih (halah!), ya ga bakal ada relation mesra *catet*.

Cinta tuh kudu ama sesuatu yang bisa dimiliki. misalnya neh, kalo si Mocha Jelly milik tetangga.. apa enaknya? Mau elus2, kudu diem2 (kalo ga sungkan). Kalo mau terang2an pinjem, sapa sih yang relain anjingnya dipinjem2?

Cinta kalo ga ada respon, mendingan buyar, Mas. Mana enak nggelontor cinta, atensi, bahkan harta (eh.. ngasih makan, tali dan rantai tuh bentuk pemberian harta.. haha!) tapi kalo Mocha Jelly dipanggil, ga noleh sama sekali *cari uleg2*. ya, to?

Trus, cinta itu.. butuh adaptasi dan penerimaan! Abis sama Pom2 yang pinter, dapet yang otak kuntet, tentu akunya adaptasi abis2an. Standar harapan dan ekspektasi langsung dirombak abis2an. Sekarang liat si beagle noleh pas namanya disebut aja sudah alhamdulillah (padahal dulu Pom2 bisa loh disuruh pergi cari aku/mami/ pembantu). Ga ngarep lebih, deh. Tapi kalo hati berontak, ga bisa menerima kekurangan2, mungkin itu tanda2 awal buat mikir ulang semuanya *catet*.

Cinta juga ga akan penuh derita kalo emang tuhan merestui. Well, ketemu aja emang sudah bisa dibilang jodo. Tapi jodo sebagai apa? Kalo aku ketemu guguk tapi dia gonggongin aku terus/ ga mau mendekat/ cakar2, ya udah lah! Emang ga ada anjing lain buat di adopt??? Artinya kita cuma berjodo untuk bertemu saja, bukan berjodo untuk hidup bersama *cieh, istilahkuuu*.

Cinta ga usah dipaksakan karena ngarep ada miracle atas nama ketuhanan yang maha esa. Tuhan emang ada, miracle juga, tapi kalo ngarep kebo bisa terbang walau sembayang sampe nungging2, itu namanya edan! Ato ngarep kebo bisa shake hand seperti Mocha Jelly? ah, itu juga kebangetan.

Cinta juga ga bisa jalan kalo cuma demi status. misalnya neh, “yang penting punya anjing”. Wah, ancur. Percuma punya anjing tapi kalo cuma demi gengsi dimata kawan dan lawan (kali aja ada yang bangga setengah mati karena miara beagle). Kalo ga cinta/ anjingnya ga suka ama kita, sama aja kaya’ miara sofa: didudukin, diem. Dilap, diem. Dianggurin, diem. Dicoret2 orang lain, juga diem.

Bener, kan?

Sehari Setelah Pom Pom Pergi..

Inget pertama kali ketemu Pom2. Dia langsung seperti kuda berderap ditempat, lalu lari ke aku & ga noleh lagi ke orang yang antar dia ke pabrik Oom. Waktu dibawa ke Malang, dia ga nangis cari induknya.

Ga pernah repotin, ga pernah rewel. 15,5th duduk liat pagar tiap kali jam pulangku. Kalo gak, dia ketok2 pintu cariin Noniknya. Nama pertama yang dia kenali selain nama dia tuh, “Nonik”. Jadi, dia bisa disuruh cari aku.

Pas Sabtu, saat udah ga mau makan, dia baru mau makan karena aku gendong. Kemana aja aku jalan, dia ikuti padahal sudah susah naiki tangga. Pas mami gendong dia waktu aku pergi mau beli obat, dia meronta turun trus jalan sempoyongan ikuti aku sampe pagar. Pokoknya ga mau ga sama aku.

Oalah pom, yang cuma ketemu sekali saja sama kamu banyak yang jatuh cinta, apalagi aku yang ketemu 365 x 15,5 tahun. Dari jaman masih SMP, sampe wisuda, sampe tua gini.

Kehilangan Pom Pom, rasanya seperti kehilangan teman main, sahabat, juga fans setia yang teteeep aja cinta, ga peduli aku udah mandi/ belom, aku gagal di kerjaan/ gak, gemuk/ langsing, berkawat gigi/ engga. Pokoknya, gimanapun bentukku, cium baunya aja dia sudah happy.

Sekarang ga ada lagi yang ngambek ga mau makan kalo 2-3 hari ga ketemu aku, ga ada lagi yang nungguin didepan pagar, menggonggong sambil goyang ekor, merengek minta gendong/ kue dan ketok2 pintu buat ngajak main.

Oalah, Pom.. Kirain kita masih bisa bersama 3-4 tahun lagi..

Chinese Zodiac 2013: Pig

For those of you who know me and have followed my advice over the last 13 years you will know I am always positive and I prefer to be more upbeat about the years predictions as the power of the mind is just as powerful as Feng Shui but I have to let you know that 2013 may not be the greatest of years for the Pig if you do not follow my advice.

There is the possibility of a lawsuit coming to the Pig this year so it is highly recommended to be careful when you are signing contracts or dealing with people especially if you have an important room or main door in the west or east and you should use the annual cures and enhancers this year without fail or at the very least place a temple Lion plaque in the east to help dissipate the negative energy here. Read More

Chinese Zodiac 2013: Dog

2013 will be a very pleasing year for The Dog. An increased social life and new finances await the Dog throughout the year. You will need to keep a calm approach during 2013 and try to remain calm in moments of stress.

You should expect a busy year ahead with wonderful achievements and accomplishments although you must proceed with total reliability and fair play and proceed with caution all year. Although a natural hard worker, in order to achieve success for the year, the foundations need to be laid and you are required to work harder this year but expect good results from your extra hard work. Read More

Chinese Zodiac 2013: Rooster

2013 will be a rewarding year for The Rooster. This may come in the form of recent ideas and efforts at work and at home now start to materialise. During 2013, you will need to remain careful during heated moments with colleagues, family and friends and try to see the other person’s side of the story when in debates or arguments. If you are able to do so, there will be little holding you back during 2013.

The year of the Snake will allow the Rooster to progress well in business and work in 2012 and you should prepare yourself to put a bit of effort in on your part as recent promotions and advancements in the work place may mean a few extra duties on your part although this will work very much in your favour and will help you get far in 2013.  Although this can be a pleasing year in business for the Rooster in 2013, you will need to remain calm during moments of stress and temper with colleagues. Read More

This site is protected by wp-copyrightpro.com